Category: Post

Oleh-oleh Khas Jogja Praktis

Jangan lupa beli oleh-oleh, lur!
Yogyakarta menjadi destinasi kota wisata yang paling populer di Indonesia. Tidak hanya wisatawan lokal yang berbondong-bondong ke mari, turis luar negeri juga betah berlama-lama di sini. Dengan segala keindahannya, kota ini selalu menorehkan kenangan yang membuat kita selalu ingin datang kembali.

Tak hanya mengunjungi tempat wisatanya, kamu juga harus menyempatkan mampir untuk membeli oleh-oleh khas Jogja. Makanan ini bisa untuk mengobati rasa rindu saat kamu sudah nggak menginjakkan kaki di kota ini.

Daftar oleh-oleh khas Jogja yang rasanya menggoyang lidah
Liburan ke Kota Pelajar ini rasanya kurang lengkap kalau belum beli oleh-oleh khas Jogja yakni GEBLEK. Biar nggak kebingungan, berikut adalah rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu jadikan buah tangan ke teman dan keluarga.

  1. GEBLEK GENDUK

GEBLEK JOGJA

 

2. BAKPIA GENDUK

 

BAKPIA JOGJA

 

3. YANGKO GENDUK

 

YANGKO JOGJA

Bagaimana cara kita mendapatkan makanan khas yang relevan??

 

Yakni, Geblek Genduk pilihan favourite makanan khas Jogja. Bagi kalian yang bingung mau nyari makanan khas sekaligus bisa buat oleh oleh masa kini. Bisa banget memilih GG selain sebagai makanan khas dan bisa buat camilan saat kalian suntuk. Dan bisa juga buat pelengkap hidangan teh hangat anda.

 

Jangan lupa ya gaes, pilihkan produk yang praktis, enak dan mengenyangkan tentunya hehehe

Tanya2 yuuk bit.ly/geblekgenduk

Makanan Khas
Ini dia makanan khas yang harus anda pilih !

Definisi Geblek Khas Jogja

Jika menilik Kulon Progo, kalian pasti akan terngiang dengan sebuah kabupaten dengan wisata alam di perbukitan Menoreh. Namun tidak hanya wisata alamnya saja gaes, ada makanan khas Kulon Progo yang sudah legend banget dan patut kamu coba ketika berkunjung ke Kulon Progo. Geblek adalah makanan yang sering dibilang seperti cireng. Persamaannya mungkin ada pada bahan baku yang digunakan. Namun keduanya juga memiliki perbedaan yakni dibentuk dan ukurannya.

Angka 8 Menjadi Uniknya Geblek
Geblek ini hanya memiliki rasa khas asli dari pati singkong yang digoreng. Uniknya, makanan ini menggunakan bentuk angka delapan.

Mungkin banyak yang beranggapan memakannya suatu hal yang membuat mual. Tapi jangan salah gaes, si angka 8 ini mempunyai rasa yang enak gurih dan lezaat, berbeda dari cireng pada umumnya. Apalagi jika berpasangan dengan tempe benguk, wah suatu perpaduan yang dibilang β€˜mantap jiwa’ deh.

Bisa Kamu Jadikan Oleh-Oleh
Geblek Genduk ini bisa digunakan sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Kulon Progo yang bisa kamu sajikan kepada keluarga maupun kerabat. Makanan ini bisa dibawa dari mentahannya untuk kemudian digoreng sendiri di rumah. Ketahanannya cukup lama yakni empat hari meskipun tanpa pengawet.

Jika Anda menilik Kulon Progo tidak begitu sulit untuk menemukan makanan khas dari kabupaten pegunungan Menoreh ini. Banyak di area wisata yang pedagangnya menjajakannya. Adapaun referensi yang bisa kamu temui karena sudah legend adalah sebagai berikut.

bit.ly/mapsgeblekgenduk

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba makanan khas Kulon Progo yang satu ini? akan kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kulon Progo tanpa membawa Oleh Oleh Khas yang satu ini.

 

Makanan Khas Indonesia

Oleh oleh Jogja Camilan Nusantara

Geblek

 

Kini Camilan Nusantara merembet ke Kulon Progo, Apa makanan itu??

 

Yakni, Geblek yang menjadi icon Kulon Progo..

Taukah anda apa itu Geblek?

Nah, disini saya akan menjelaskan tentang apa itu Geblek.

Geblek, bukan ungkapan atau kata untuk ngatain orang lain ya. Tapi ini adalah makanan khas dari Yogyakarta bagian barat alias Kulon Progo.

 

Tidak hanya panorama alam perbukitan menoreh saja yang terkenal di Kulon Progo ini, namun ada makanan khas yang namanya sangat amat unik dan tentunya wajib dicoba ketika berkunjung kesini. Makanan itu adalah GEBLEK.

Geblek bisa dibilang seperti cireng “bahan yang digunakan sama” namun yang berbeda adalah bentuk dan rasanya.

 

Jika cireng memiliki banyak rasa seperti pedas dan lainnya, sedangkan geblek hanya memiliki rasa asli dari aci yang digoreng saja dan bentuknya seperti angka delapan.

Tapi tenang saja, kini ada inovasi terbaru dari kami. Geblek Genduk mampu memberikan cita rasa yang kekinian. Mau dengan rasa pedas, gurih maupun original asli by Geblek Genduk.

Oleh oleh Jogja, Geblek Jajanan Kulon Progo

GEBLEK

KULONPROGO, YOGYAKARTA. Bukan hanya panorama alam saja yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung dan berlibur ke Kulon Progo, namun jajanan khas daerah tersebut menjadi tujuan para wisatawan mancanegara.

Geblek ya itulah sebutannya. Geblek ini bukan ungkapan kata untuk menghina merupakan sebuah makanan khas dari kabupaten Kulon Progo. Geblek merupakan suatu identitas dan ciri khas yang membedakan kabupaten Kulon Progo dengan kabupaten lainnya yang ada di Yogyakarta.

Geblek dapat dikatakan seperti cireng, yang membuat kedua makanan itu berbeda ialah bentuk serta cita rasa yang dimiliki. Geblek mempunyai bentuk seperti angka delapan dan rasa asli dari aci yang digoreng sedangkan, cireng mempunyai banyak rasa seperti balado, pedas, asin dan sebagainya. Namun, geblek kami pun menyediakan dengan berbagai rasa untuk anda nikmati.

Geblek di kabupaten Kulon Progo ini tidaklah sulit ditemukan, karena banyak sekali penjaja makanan khas dan milenial yang satu ini. Dengan harga yang terjangkau tanpa mengocek harga yang tinggi anda sudah bisa menikmati makanan khas Kulon Progo ini.

Cara pembuatan Geblek ini tergolong mudah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasaran. Bahan-bahannya biasa aja, dengan menggunakan tepung kanji, bawang putih, ketumbar, garam dan air.

Geblek ini lebih enak dinikmati saat panas, jika sudah dingin cita rasa serta kekenyalan dari Geblek tersebut akan berkurang karena lebih keras. Tidak hanya dapat dimakan langsung, Geblek ini juga dapat dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tersayang. Geblek ini sangat awet jika kita membawanya dalam keadaan mentah. Geblek ini bisa bertahan kurang lebih 4 hari walaupun bahan-bahan yang terdapat dalam geblek tersebut tidak menggunakan pengawet.

Geblek kami menggunakan bahan dan bumbu yang sangat alami. Jadi tanpa ragu silahkan cicipi Geblek yang kami buat.

MARI CINTAI DAN LESTARIKAN MAKANAN KHAS DI INDONESIA !!

Tips Cara Memilih Singkong yang Baik, Bagus, dan Berkualitas

Assalamualaikum Wr. Wb

Beberapa tips cara memilih singkong yang baik, bagus, dan berkualitas di bawah ini YA :

1. Pilih singkong yang notabene berukuran besar, karena singkong yang besar menandakan umbi singkong itu sudah siap panen atau sudah matang. Jangan pilih singkong yang kecil karena biasanya singkong yang kecil masih blm siap panen
2. Pilih singkong yang cenderung berukuran TEGAK lurus, karena ada beberapa singkong yang berukuran bengkok. Jadi usahakan yang berukuran lurus YA, btw hal ini juga akan memudahkan dlm hal pengupasan kulit singkong loh.
3. Pilih singkong yang kulit atau keraknya itu sedikit kasar atau merekah, kalau ini agak susah jelasinya.. hehe jadi akuh kasih liat gambarnya aja YA

 

4. Jangan pilih singkong yang sudah membiru (itu pertanda singkong udh lama, hati-hati YA)
5. Jangan pilih singkong yang mengeluarkan lendir terlalu banyak, Itu pertanda singkong busuk karena akuh pernah nemuin singkong seperti itu berlendir seperti getah tapi berlebihan, hati-hati gabagus YA
6. Pilih singkong yang masih fresh/baru kalau untuk hal yang satu ini di usahakan kalau belum punya langganan usahakan tanya itu singkong kapan kepada pedaganynya, biasanya kalau singkong sudah lama, Singkong itu akan berubah warna kebiruan atau lebam
7. Pilih lah singkong yang mudah dikupas kulitnya, yupp ini yang paling simple, kalau singkong itu mudah dikupas kulitnya menandakan bahwa singkong itu punya kualitas bagus YA
8. Pilih lah singkong yang cenderung berwarna Putih Bersih untuk daging buahnya. itu menanadakan bahwa singkong memiliki kualitas yang baik.

Karena dalam dunia perkeripikan, #asikik #tsahhh singkong adalah menjadi hal yang sangat penting lhooo, kalau singkongnya bagus insyaallah keripik/geblek akan bagus, kalau singkongnya jelek maka keripiknya pun akan jelek.. maka dari itu akuh bener-bener memperhatikan alam setiap pmilihan keripik itu sendiri. karena akuh sadar bahwa geblek/keripik yang bagus berasal dari singkong yang bagus pula.

Tapi itu bukan jd acuan YA untuk membeli singkong.. nanti kalau gak ada singkong dengan kreteria diatas gak jadi beli dehh.. jangannn…

Sekali lagi itu tips real berdasarkan pengalaman bergelut didunia singkong mhehehe kalau ada salah tolong berikan masukan di komentar..

Semoga itu bisa membantu kalian dalam memilih. Membantu dalam segala apapun itu yang berkaitan dengan cara memilih singkong yang baik, bagus, berkualitas. inget sekali lagi YA karena singkong yang berkualitas akan menghasilkan GEBLEK yang berkualitas juga. Dan sebaliknya, Jadi pilih lah singkong yang betul dan benar YA.

Terimakasih atas kunjunganya yaa.. jangan ragu untuk mampir lagi kami akan menjelaskan beberapa tentang singkong-singkong yang lainya di blog ini..

Wassalamualaikum Wr. Wb

Cara Memilih Singkong Yang Baik dan Berkualitas

Cara Memilih singkong yang Baik dan Berkualitas

Jika singkong dipotong masih basah dan sangat mudah retak atau dipatahkan.
Kupas atau cungkil kulit umbi singkong dengan kuku atau pisau. Kulit yang kekuningan (mentega) atau kecoklatan atau kemerah-merahan umumnya lebih baik dari pada yang berwarna putih.

Patahkan sedikit ujungnya. Bila ada bagian yang membiru sebaiknya jangan dipilih. Noda biru atau hitam menandakan bahwa singkong telah lama disimpan. Singkong yang telah lama disimpan biasanya mengeluarkan noda biru atau hitam yang diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun.

Jika anda memilih singkong pada suatu tumpukan yang sudah lama dan Anda menemukan singkong yang tidak baik, maka hindarkan memilih singkong pada tumpukan yang mana karena biasanya satu tumpukan singkong sifatnya sama. Satu bantat yang lain juga bantat.

Perhatikan tanah yang menempel di kulit umbi. Tanah yang masih basah, menandakan singkong baru dicabut, dan paling ideal untuk diolah.

Agar warna singkong tetap original, cuci singkong supaya bersih. Apabila belum akan diolah, singkong kita rendam saja dalam air agar warnanya tidak berubah.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat buat anda πŸ™‚ πŸ™‚

Sngkong Premium

Oleh oleh Jogja Geblek Pedeeeessssss

GEBLEK

Geblek Pedeeeesssss !!

 

Udah nyicip yang rasa ini belom temen2????

Cobain yuuk, dijamin ketagihan daan yang pasti rasanya manthull se manthull manthull nyaa..

Nih yaa aku bocorin rasanya, udah lembut rasa pedesnya nampoll, juara pokonya mah πŸ‘πŸ‘πŸ‘

 

Segera diorder yuuh temen2..

Hubungi yaah bit.ly/geblekgenduk