Cara Memilih Singkong Yang Baik dan Berkualitas

Cara Memilih singkong yang Baik dan Berkualitas

Jika singkong dipotong masih basah dan sangat mudah retak atau dipatahkan.
Kupas atau cungkil kulit umbi singkong dengan kuku atau pisau. Kulit yang kekuningan (mentega) atau kecoklatan atau kemerah-merahan umumnya lebih baik dari pada yang berwarna putih.

Patahkan sedikit ujungnya. Bila ada bagian yang membiru sebaiknya jangan dipilih. Noda biru atau hitam menandakan bahwa singkong telah lama disimpan. Singkong yang telah lama disimpan biasanya mengeluarkan noda biru atau hitam yang diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun.

Jika anda memilih singkong pada suatu tumpukan yang sudah lama dan Anda menemukan singkong yang tidak baik, maka hindarkan memilih singkong pada tumpukan yang mana karena biasanya satu tumpukan singkong sifatnya sama. Satu bantat yang lain juga bantat.

Perhatikan tanah yang menempel di kulit umbi. Tanah yang masih basah, menandakan singkong baru dicabut, dan paling ideal untuk diolah.

Agar warna singkong tetap original, cuci singkong supaya bersih. Apabila belum akan diolah, singkong kita rendam saja dalam air agar warnanya tidak berubah.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat buat anda 🙂 🙂

Sngkong Premium

One thought on “Cara Memilih Singkong Yang Baik dan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *